Jumat, 21 September 2012

Zakat Fitrah Fathul Qarib

Zakat Fitrah dari kitab Fathul Qarib karya Abu Abdillah Muhammad bin Qasim Al-Ghazi Asy-Syafi'i

Zakat fitri itu hukumnya wajib. Disebut juga dengan zakat fitrah maknanya kejadian. Syarat zakat fitrah ada 3 (tiga) yaitu, pertama, Islam, orang kafir asli tidak wajib zakat kecuali menzakati budak dan kerabatnya yang Islam.


Kedua, terbenamnya matahari pada akhir hari dari bulan Ramadhan. Karena itu zakat fitrah wajib dikeluarkan bagi orang yang meninggal dunia setelah terbenam matahari tidak bagi anak yang baru lahir setelah terbenamnya matahari.


Ketiga, adanya kelebihan (makanan). Yaitu adanya kemudahan bagi seseorang dengan kelebihan bahan makanan pokok untuk dirinya dan keluarganya pada hari itu yakni malang dan siangnya hari raya Idul Fitri.


Seseorang hendaknya membayar zakat fitrah untuk dirinya dan orang Islam lain yang wajib dinafkahi. Oleh karena itu, seseorang tidak wajib membayar zakat fitrah untuk budak, kerabat dan istri yang kafir walaupun wajib menafkahi mereka.


Apabila zakat fitrah wajib pada seseorang, maka dia wajib mengeluarkan I sha' dari makanan pokok. Apabila dalam suatu daerah atau negara terdapat makanan pokok yang lebih dari satu maka ia dapat mengeluarkan zakat fitrah dengan salah satu makanan pokok yang lebih dominan. Apabila seseorang berada di daerah yang tidak memiliki makanan pokok, maka ia hendaknya mengeluarkan zakat fitrah dengan makanan pokok daerah terdekat.


Apabila seseorang tidak mampu membayar zakat dengan 1 sha', tapi hanya memiliki sebagiannya saja, maka dia boleh menunaikan zakat dengan yang ada.


Adapun ukuran 1 sha' adalah 5 1/3 (lima dan sepertiga) kati Irak. Penjelasan detal tentang kati Iraq lihat di bab nishab-nya zakat tanaman.


CATATAN: Dalam ukuran modern,
1 sha'/5 1/3 kati Iraq sama dengan 2,5 kilogram atau 3,5 liter

فصل): وتجب زكاة الفطر ويقال لها زكاة الفطرة أي الخلقة (بثلاثة أشياء الإسلام) فلا فطرة على كافر أصلي إلا في رقيقه وقريبه المسلمين (وبغروب الشمس من آخر يوم من شهر رمضان) وحينئذ فتخرج زكاة الفطر عمن مات بعد الغروب دون من ولد بعده (ووجود الفضل) وهو يسار الشخص بما يفضل (عن قوته وقوت عياله في ذلك اليوم) أي يوم عيد الفطر وكذا ليلته أيضاً.

ويزكي الشخص (عن نفسه وعمن تلزمه نفقته من المسلمين) فلا يلزم المسلم فطرة عبد وقريب وزوجة كفار، وإن وجبت نفقتهم

وإذا وجبت الفطرة على الشخص فيخرج (صاعاً من قوت بلده) إن كان بلدياً فإن كان في البلد أقوات غلب بعضها، وجب الإخراج منه، ولو كان الشخص في بادية لا قوت فيها أخرج من قوت أقرب البلاد إليه، ومن لم يوسر بصاع بل ببعضه لزمه ذلك البعض

(وقدره) أي الصاع (خمسة أرطال وثلث بالعراقي) وسبق بيان رطل العراقي في نصاب الزروع.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar